Percakapan Bahasa Arab 2 Orang Perempuan di Sekolah

Percakapan Bahasa Arab 2 Orang Perempuan di Sekolah


Belajar Bahasa memang tidak lepas dari praktik, terutama belajar bahasa Arab. Karena bahasa Arab bukan bahasa ibu, oleh karena itu sudah selayaknya kita sebagai pelajar bahasa Arab sering melakukan praktik, salah satunya melalui percakapan bahasa Arab.

Pada kesempatan ini, Alhamdulillah, saya telah mmbuat contoh percakapan bahasa Arab dari 2 orang perempuan yang sedang berdikusi di sekolah. Apa saja yang mereka bicarakan? Yuk langsung saja simak percakapan antara Hindun dengan Aisyah di bawah ini!

Tentang Ujian Matematika

هِنْدُون: مَرْحَبًا أَيَّتُهَا عَائِشَةُ، كَيْفَ حَالُكِ؟ هَلْ أَنْتِ مُسْتَعِدَّةٌ لِلْدَّرْسِ الْيَوْمِ؟

Hindun: Hai Aisyah, apa kabar? Sudah siap untuk pelajaran hari ini?

.عَائِشَةُ: مَرْحَبًا هِنْدُونَ! أَنَا بِخَيْرٍ. أَنَا جَاهِزَةٌ، لَكِنَّنِي مُتَوَتِّرَةٌ قَلِيلًا. هُنَاكَ اِمْتِحَانٌ فِي الرِّيَاضِيَّاتِ الْيَوْمِ

Aisyah: Hai Hindun! Kabarku baik. Sudah siap nih, tapi agak sedikit grogi. Ada ujian matematika hari ini.

.هِنْدُونَ: لَا تَقْلَقِي، عَائِشَةُ. أَنَا وَاثِقَةٌ أَنَّكِ سَتَجْتَازِينَ الِامْتِحَانَ بِنَجَاحٍ. هَيَّا، يُمْكِنُنَا أَنْ نَدْرُسَ مَعًا إِذَا أَرَدْتِ

Hindun: Tenang saja, Aisyah. Aku yakin kamu bisa melewati ujian tersebut. Ayo, kita bisa belajar bersama jika kamu mau.

.عَائِشَةُ: وَاو، شُكْرًا كَثِيرًا، هِنْدُونَ. بَالطَّبَعِ، أَحْتَاجُ لِمُسَاعَدَتِكَ

Aisyah: Wah, terima kasih banyak, Hindun. Tentu saja, aku butuh bantuanmu. 

Tentang Kabar Ekstrakurikuler

هِنْدُونَ: عَائِشَةُ، هَلْ سَمِعْتِ بِخَبَرِ نَشَاطٍ مَدْرَسِيٍّ جَدِيدٍ فِي الْمَدْرَسَةِ؟

Hindun: Aisyah, sudah dengar kabar tentang kegiatan ekskul baru di sekolah?

عَائِشَةُ: لَمْ أَسْمَعْ بِذَلِكَ بَعْدُ، هِنْدُونَ. مَا هُوَ نَشَاطُ النَّادِي؟

Aisyah: Belum, Hindun. Ada ekskul apa?

هِنْدُونَ: هُنَاكَ نَادِي لِلْمُنَاظَرَةِ الَّذِي تَأْسَسَ حَدِيثًا. أَنَا مُهْتَمَّةٌ بِالْانْضِمَامِ إِلَيْهِ. مَاذَا عَنْكِ؟

Hindun: Ada klub debat yang baru dibentuk. Aku tertarik untuk ikut. Bagaimana denganmu?

!عَائِشَةُ: وَاو، يَبْدُو أَمْرًا مُثْرِيًّا. أَنَا أَيْضًا أُحِبُّ الْمُنَاظَرَةَ. هَيَّا، لِنُسْجِلَ مَعًا

Aisyah: Wah, itu terdengar menarik. Aku juga suka debat. Ayo, kita daftar bersama-sama!

!هِنْدُونَ: رَائِع! يُمْكِنُنَا تَطْوِيرُ مَهَارَاتِنَا فِي الْكَلَامِ وَتَنْمِيَةُ قُدْرَاتِنَا الْمَنْطِقِيَّةِ عَنْ طَرِيقِ نَادِي الْمُنَاظَرَةِ

Hindun: Bagus! Kita bisa memperdalam kemampuan berbicara dan mengasah logika kita melalui klub debat itu.

Memilih Jurusan

هِنْدُونَ: عَائِشَةُ، هَلْ اخْتَرْتِ تَخْصُّصًا لِلْجَامِعَةِ بَعْدَ ذَلِكَ؟

Hindun: Aisyah, apakah kamu sudah memilih jurusan untuk kuliah nanti?

.عَائِشَةُ: لَا، هِنْدُونَ. أَنَا لَا أَزَالُ مُتَرَدِّدَةً بَيْنَ تَخْصُّصِ الطِّبِّ وَالْهَنْدَسَةِ

Aisyah: Belum, Hindun. Aku masih bingung antara jurusan kedokteran dan teknik.

هِنْدُونَ: كِلَتَا التَّخْصُّصَيْنِ مُثِيرَانِ، وَلَكِنَّ هُنَاكَ شَيْءٌ يَجْذِبُ قَلْبِيَ نَحْوَ الْهَنْدَسَةِ. أَنَا مُهْتَمَّةٌ بِعِلْمِ الْحَاسُوبِ وَأُرِيدُ تَطْوِيرَ التَّكْنُولُوجِيَا فِي الْمُسْتَقْبَلِ.

Hindun: Kedua jurusan itu menarik, tapi ada yang lebih memikat hatiku pada teknik. Aku tertarik dengan ilmu komputer dan ingin mengembangkan teknologi di masa depan.

!عَائِشَةُ: أَهَا، أَنَا أَيْضًا مُهْتَمَّةٌ بِالتَّكْنُولُوجِيَا. رُبَّمَا أَفْكِرُ أَيْضًا فِي اخْتِيَارِ تَخْصُّصِ الْهَنْدَسَةِ. يُمْكِنُنَا أَنْ نَصْبِحَ صَدِيقَاتِ جَامِعَةٍ لَاحِقًا

Aisyah: Ah, aku juga tertarik dengan teknologi. Mungkin aku akan mempertimbangkan jurusan teknik juga. Kita bisa menjadi teman kuliah nantinya!

.هِنْدُونَ: بَالطَّبَعْ، عَائِشَةُ! يُمْكِنُنَا أَنْ نَدْعَمَ بَعْضُنَا الْبَعْضُ وَنَتَعَلَّمُ سَوْيًا فِي الْجَامِعَةِ. نَتَمَنَّى أَنْ نَتَمَكَّنَ مِنَ الْقَبُولِ فِي التَّخْصُّصِ الَّذِي نَحْلُمُ بِهِ

Hindun: Tentu, Aisyah! Kita bisa saling mendukung dan belajar bersama di perguruan tinggi. Semoga kita berhasil masuk ke jurusan yang kita impikan.

Rencana Setelah Lulus

هِنْدُونْ: عَائِشَةُ، مَا هِيَ خُطَّطُكِ بَعْدَ تَخْرُجِكِ مِنَ الْمَدْرَسَةِ؟

Hindun: Aisyah, apa rencanamu setelah lulus sekolah?

عَائِشَةُ: أَنَا مُخْطَطَةٌ لِمُتَابَعَةِ الدِّرَاسَةِ الْجَامِعِيَّةِ، هِنْدُونْ. أُرِيدُ أَنْ أَحْصُلَ عَلَى شَهَادَةِ الْبَكَالُورِيَا وَأَعْمَلَ فِي مَجَالٍ يَتَنَاسَبُ مَعَ اهْتِمَامَاتِي

Aisyah: Aku berencana melanjutkan kuliah, Hindun. Aku ingin mendapatkan gelar sarjana dan bekerja di bidang yang sesuai dengan minatku.

.هِنْدُونْ: رَائِعٌ، عَائِشَةُ! أَنَا أَيْضًا لَدَيَّ نَفْسُ الْحُلْمِ. أُرِيدُ أَنْ أَكُونَ رَجُلَ أَعْمَالٍ نَاجِحٍ وَأَفْتَتِحَ مِشْغَلَيَّ الْخَاصَّ

Hindun: Bagus, Aisyah! Aku juga memiliki impian yang sama. Aku ingin menjadi seorang pengusaha sukses dan membuka usaha sendiri.

!عَائِشَةُ: وَاو، هَذَا رَائِعٌ! أَنَا وَاثِقَةٌ بِأَنَّكَ سَتَتَمَكَّنُ مِنْ تَحْقِيقِ حُلْمِكَ. هَيَّا، لِنُكَافِحْ سَوِيًّا لِتَحْقِيقِ أَحْلَامِنَا الْمُخْتَلِفَةِ

Aisyah: Wow, itu luar biasa! Aku yakin kamu bisa mencapai impianmu. Ayo, kita berjuang bersama untuk meraih impian kita masing-masing!

.هِنْدُونْ: بِالتَّأْكِيدِ، عَائِشَةُ! مَعًا، نَسْتَطِيعُ تَحْقِيقَ كُلَّ مَا نَرْغَبُ فِيهِ

Hindun: Tentu, Aisyah! Bersama-sama, kita bisa meraih apa pun yang kita inginkan.

Penutup

Nah, bagaimana percakapan di atas? Keduanya sama-sama saling melengkapi dan saling mendukung dalam hal belajar. Tak hanya itu, mereka juga memiliki impian yang ingin mereka raih setelah lulus sekolah nanti. 

Aisyah ingin melanjutkan kuliah untuk mendapatkan gelar akademik dan meningkatkan wawasan, dan Hindun sebagai sahabat juga mendukung Aisyah untuk melanjutkan pendidikan. Masa sekolah memang masa-masa indah. Di sana kita bisa menemukan seorang sahabat dan teman seperjuangan. Bukan tidak mungkin jika kelak sata kita beranjak dewasa, kita akan dipertemukan kembali dengan sahabat kita semasa berseragam putih abu-abu.

Semoga percakapan bahasa Arab antara Aisyah dan Hindun kali ini bisa dijadikan contoh dan bahan praktik untuk meningkatkan skill bahasa Arab teman-teman, ya! Simak juga berbagai materi bahasa Arab lainnya seperti Mufrodat, Percakapan ataupun tentang kaidah bahasa Arab seperti ilmu Nahwu dan Ilmu Shorof yang juga dapat memperlancar teman-teman dalam mempelajari bahasa Arab di tingkat selanjutnya!

Syukron katsiron sudah mampir di blog Mahir Bahasa Arab.
Akhirul kalam, Wassalamualaiakum Wr. Wb.


Kang Ahmad
Kang Ahmad Suka menulis tentang Bahasa Arab | Founder MahirBahasaArab.com

Posting Komentar untuk "Percakapan Bahasa Arab 2 Orang Perempuan di Sekolah"